Beberapa Alat Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Yang Harus Di Pakai Pada Saat Proyek


Bagi seorang pekerja dan perusahaan, keselamatan di tempat kerja adalah yang terpenting, Oleh sebab itu mengetahui harga body harness, dan beberapa alat keselamatan lainnya juga menjadi penting demi efisiensi penggunaan anggaran. Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 juga tercakup dalam UU Ketenagakerjaan. Perusahaan dan pekerja harus sadar akan keselamatan kerja sesuai dengan standar yang berlaku, salah satunya adalah penggunaan standar alat pelindung diri (APD). APD adalah alat yang mampu melindungi seseorang yang fungsinya untuk mengisolasi sebagian atau seluruh tubuhnya dari potensi bahaya di tempat kerja.

ini termasuk perlengkapan wajib yang digunakan pekerja sesuai dengan tingkat bahaya dan risiko pekerjaan yang digunakan untuk menjaga keselamatan pekerja maupun orang sekitar. Kewajiban ini diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Migrasi No. Per.08/Men/VII/2010 tentang alat pelindung diri. Dan pengusaha wajib memberikan APD Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada pekerjanya.

Bagaimana bentuk alat pelindung diri menurut standar kesehatan dan keselamatan kerja (K3)?

1. Helm

Helm atau helm pelindung ini digunakan untuk melindungi kepala dari benturan, benturan atau jatuhnya benda tajam yang berat hanyut atau meluncur di udara. Helm ini juga dapat melindungi kepala dari radiasi panas, api, percikan bahan kimia atau suhu ekstrim. Untuk beberapa pekerjaan yang relatif berisiko rendah, Anda dapat menggunakan topi atau tutup kepala untuk perlindungan.

2. Sabuk pengaman dan sabuk pengaman

Sabuk pengaman ini digunakan untuk membatasi pergerakan pekerja agar tidak jatuh atau tergeser dari posisi yang diinginkan. Beberapa pekerjaan mengharuskan pekerja berada dalam posisi yang agak berbahaya, seperti di lereng, melayang atau di ceruk sempit. Sabuk pengaman ini terdiri dari harness, lanyard, sabuk pengaman dan strap lainnya yang digunakan bersama dengan beberapa alat lain seperti carabiner, cable ties, pull down strap dan lain-lain.

3. Sepatu boot

Sepatu boot ini digunakan untuk melindungi kaki dari benturan atau benturan dari benda berat, terbentur benda tajam, kontak dengan cairan panas atau dingin, uap panas, bahan kimia berbahaya atau permukaan licin. Perbedaan dengan sepatu safety pada umumnya adalah memberikan perlindungan yang maksimal karena tinggi dan melindungi betis dan tulang kering.

4. Sepatu Safety

Sepatu safety ini digunakan untuk melindungi kaki dari benturan atau benturan benda berat, terbentur benda tajam, terkena cairan panas atau dingin, uap panas, bahan kimia berbahaya atau permukaan licin. Selain fungsi di atas, sepatu kerja yang berkualitas juga memiliki daya tahan yang baik untuk penggunaan jangka panjang.

5. Masker

Masker ini digunakan untuk melindungi organ pernapasan dengan menyaring polutan kimia, mikroorganisme, partikel debu, aerosol, uap, asap atau gas. Biarkan udara yang dihirup ke dalam tubuh adalah udara yang bersih dan sehat. Masker ini mencakup berbagai jenis, seperti respirator, kartrid, kartrid, silinder dan pengatur selam, serta alat bantu pernapasan.

Itu adalah 5 alat keselamatan yang paling umum untuk digunakan. Namun tentu alat keselamatan tergantung daripada medan yang dijajaki. Sebagai contoh daripada menggunakan lampu atau senter biasa, explosion proof mining lamp akan lebih dibutuhkan pada saat menambang.

0 Response to "Beberapa Alat Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Yang Harus Di Pakai Pada Saat Proyek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel