5 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Operasi Hip Replacement


Tindakan operasi hip replacement dibutuhkan untuk mengganti sendi panggul yang mengalami masalah dan kerusakan. Tindakan ini biasanya fokus untuk menghilangkan rasa sakit dan mengembalikan fungsi tubuh ke posisi normal. Biaya operasi hip replacement di setiap rumah sakit sangat beragam dan tentu saja potensi keberhasilannya juga sangat bervariasi.

Keberhasilan Hip Replacement

Tindakan operasi hip replacement ini bisa berhasil karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Tentu saja sebelum menjalani tindakan ini, Anda harus paham dulu apa saja faktor tersebut sehingga bisa lebih optimal dalam mempersiapkan diri. Berikut adalah 5 faktor yang akan memberi pengaruh besar pada tingkat keberhasilan operasi hip replacement:

1. Indikasi Operasi

Faktor pertama adalah indikasi operasi yang mengharuskan tindakan tersebut dilakukan. Indikasi ini bisa beragam jenisnya, mulai dari osteoarthritis, radang sendi, osteonecrosis, kelainan panggul, dan lain sebagainya. Sangat bervariasi dan memang semakin parah indikasi operasi yang dimiliki maka akan semakin tinggi risiko yang harus ditanggung oleh pasien.

2. Usia Pasien

Bagaimanapun juga tindakan operasi akan sangat dipengaruhi oleh usia pasiennya. Semakin tua maka akan semakin besar risikonya dan semakin kecil pula peluang keberhasilan yang dimiliki. Namun bukan berarti tindakan operasi ini tidak bisa dilakukan pada pasien yang sudah tua. Tentu harus dikonsultasikan kembali pada dokter spesialis yang terlibat agar kondisi ini bisa diperhatikan lebih jauh.

3. Dokter yang Menangani

Keberhasilan tindakan operasi hip replacement juga akan dipengaruhi oleh dokter yang menangani. Itulah mengapa sangat penting untuk memilih dokter yang tepat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Pastikan bahwa Anda siap mengeluarkan biaya operasi hip replacement sebesar apapun supaya bisa mendapatkan dokter yang kompeten dan berpengalaman menangani tindakan tersebut.

4. Perawatan Pasca Operasi

Tidak hanya tindakan operasinya yang mempengaruhi keberhasilan namun juga perawatan setelah operasi dilakukan. Perawatan pasca operasi ini juga penting karena akan berpengaruh pada cepat atau lambatnya tubuh pasien kembali berfungsi normal seperti sedia kala. Jadi pastikan bahwa langkah perawatannya tepat sesuai instruksi dari dokter yang menangani.

5. Kesehatan Fisik Pasien

Tentu saja kesehatan fisik pasien jelas akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan operasi ini. Semakin bagus status kesehatan fisik pasien maka akan semakin tinggi pula tingkat keberhasilannya. Jadi pastikan dulu bahwa kondisi kesehatan benar-benar bagus sebelum menjalani tindakan operasi ini. Jika memang ada masalah kesehatan, maka tangani dulu sampai benar-benar siap menjalani operasi.

Tindakan operasi untuk tulang panggul ini memang sudah banyak diterapkan. Tingkat keberhasilannya juga cukup tinggi namun tetap harus ada persiapan yang matang. Pasien yang akan menjalani operasi harus bisa memastikan bahwa dirinya siap dan dokter yang menangani juga kompeten di bidangnya. Mintalah rekomendasi dari rumah sakit jika memang dibutuhkan.

0 Response to "5 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Operasi Hip Replacement"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel